Welcome To My Paradise

Welcome To My Paradise

Kamis, 19 Juni 2008

Surat untuk para "Girls Nite Out" Utankayu

Kedai jamu "Bukti mentjos" namanya. Di Seberang UI Salemba, ada cafe corner, nah itu ada jalan masuk namanya Jl salemba tengah. Lurus aja, sampe di pertigaan. Mentjos ada di sebelah kanan. Dari jalan salemba raya sekitar 100 meter (dekat dongs).



Kalo mau makan bubur ayam, mesti telpon dulu, biar di sisain. Karena biasanya jam 19 udah abis. Selain dubur ayam, ada menu lainnya. al: dubur kacang ijo, kolak, sekoteng, wedang jahe, beras kencur, kunyit asem, sampe segala macem ramuan jamu.

Saya tau tempat itu dari temen kantor. Suasananya seru abis.
Itu tempat berdiri sejak jaman kemerdekaan. Di dindingnya banyak memorabilia dan foto-foto jadul b/w dengan para perempuannya masih berkonde berkebaya, anak-anaknya masih bertelanjang kaki, para lelakinya bersisir klimis berbelah pinggir.

Ada beberapa tabel (lebih tepatnya beberapa meja kecil dengan kursi), Ada minibar yang melingkar. Kalo saya sih lebih senang duduk di kursi yang melingkari minibar. Lebih seru. Kita bisa lihat kesibukan mengolah jamu sambil ngobrol dengan para mba-mba berbatiknya. Kita bisa lihat para pengunjungnya. Dari ibu-ibu bersasak tinggi dengan diantar supir, sampe mahasiswa. Dari eksekutif tua sampai ekslusif muda. Dari yang sakit gigi sampe yang hamil tua. Dari yang brondong sampe yang kakek-kakek. Dari yang kalem sampe anak kecil yang cerewet banyak tanya sembari digandeng ortunya juga ada. Konsumen jamu datang silih berganti.


Ada satu lelaki tua (mungkin itu sinse nya), yang siap menjawab keluhan setiap pengunjung. Usai tahap konsultasi, sang sinse meracik bubuk jamu yang sesuai dng permintaan. Bapak yang membawa anaknya yang cerewet itu juga tanya ke sinse "Ada nggak jamu yg bisa bikin anak nurut sama ortunya?" hehe bapak itu pasti bercanda...

Pertama kali saya datang kesana bertiga dengan teman kantor TII. Kita duduk di pojok. Di Mentjos ada selebaran kertas berisi daftar nomor jamu. Membaca itu kita cekikikan dan saling menuduhkan nomor jamu ke temans. "Elo tuh cocok minum nomor 28A".



Temen saya menjawab "Enak aja, elo tuh nomor 35".. trus kita cekikikan lagi.



Trus temen saya yang satu lagi lebih serius tanya "Emang kalo minum nomor 40 bisa kayak apa?" haha hehe kekke mmppff.. kita menahan tawa bareng-bareng. Tau dongs gimana susahnya menahan tawa. Untungnya saya masih tahan kendali.. Saya bilang " sst.. sst.. jangan berisik.. malu tau..."
Beberapa mba berbatik itu tersenyum penuh arti melihat kita saling menuding dan menyebut nomor-nomor jamu.

Ternyata sodara-sodara, mba-mba itu hafal 100-an nomor jamu itu. Saya kan coba ngetes, "Mba nomor 28A jamu apa? nomor 45 jamu apa? nomor 7 jamu apa?", dia menjawab dengan nyantei, "Oh itu untuk membesarkan payudara.. oh itu untuk sari rapet.. oh itu untuk hubungan suami istri biar makin mantep .. oh itu untuk kekuatan lelaki… oh itu untuk susah b***k (ups sorry sensor, maksudnya mba itu mungkin susah BAB).

Lalu satu teman saya terlihat serius, dia trus manggil pak sinsenya. Ah pak sinsenya belum juga ditanya udah menjawab "kenapa? mau tanya soal ini yah..? "
"Lho kok tau?
"iya kalian di pojok rame sekali.." gitu katanya...

Saya udah pernah ajak Andy kesana. Awalnya saya bilang, ada bubur ayam enak di salemba tengah. Bila saya bilang kita ke kedai jamu, pasti doski gak mau. Apalagi dari jalan, kedai itu terlihat gelap. Sampai di depan Mentjos, Andy sempat tanya, "Ini tempat apa? kok nggak kayak jual bubur ayam?" Buru-buru saya minta supir taksi masuk ke dalam parkiran, sebelum si om komplain lebih lanjut.

Namun pas udah masuk, duduk, mengenali suasananya, Andy malah menunjuk nomor jamu ke saya, "kamu minum nomor 35 nih.." gitu sambil senyum.. idih sama aja kelakuannya sama temen kantor saya... hehe...

Gitu deh. Pokoknya itu tempat seru banget..
Girls, mari kita ke Mentjos.
Untuk vivi, mumpung si teguh lagi diluar kota, kita ke Mentjos aja.
Kala nanti si teguh pulang, elo makin tjos.. hehee...

Tidak ada komentar: