Welcome To My Paradise

Welcome To My Paradise

Rabu, 05 Desember 2007

Poligami ?

Ada perdebatan panjang soal Poligami di milist JIL.
Adalah seorang anggota milist, sebut saja Ade armando  :)  belum lama ini melakukan poligami. 
Perbuatannya ini mengagetkan khalayak ramai.
Selama ini Ade Armando termasuk sosok yg amat menjunjung tinggi persamaan gender, yg umumnya tidak suka poligami.

Perdebatan berlangsung panjang. kubu pro dan kontra poligami saling mengemukakan dalil-dalil nya. Kubu pro menolak kalo poligami itu merupakan bentuk kekerasan kepada perempuan. 
Agama pun (Islam tentunya) tidak melarang poligami. 
Cuma kristen yg melarang poligami. Itupun kristen modern dari barat.

Dari perdebatan itu, tersirat mereka yg pro poligami merasa ini merupakan penghakiman dari kaum modern barat. Wah disini saya sempat godek. Wah kok bawa-bawa anti modern barat dalam kasus yg jelas-jelas merendahkan perempuan ini.

Awalnya saya hanya misuh-misuh dari belakang. Saya sudah tulis balasan email tapi tidak punya keberanian utk men-sending nya.
Maklum di milist ini isinya "dewa-dewa" teologi semua.
Apalah saya yg awam ini di banding mereka.

Namun dengan nekad akhirnya saya send saja. Yang terjadi biarlah terjadi. setidaknya saya sudah sedikit mencurahkan pendapat saya yg berbeda itu.

Ini saya copypaste komentar saya di milist tersebut...
suci mayang sari to islamliberal
show details Dec 4 (1 day ago)

Permisi,
Saya agak 'tergerak" dengan pernyataan Bung Ade, yg ini

"..Pertanyaan saya adalah, dari mana datangnya penolakan yang total terhadap poligami sebagaimana ditunjukkan mereka yang mengkritik poligami? Saya duga, salah satu jawaban utamanya adalah wacana Kristen. Itupun saya duga Kristen modern, karena buktinya masyarakat Mormon tetap mempraktekkan poligami. Doktrin Kristen itu sampai ke kita melalui modernisasi. Kita menafsirkan apa yang disebut modern dengan merujuk, antara lain, nilai-nilai barat yang tentu sangat dipengaruhi Kristen..."

Saya kurang setuju dng pernyataan bung Ade ini, Saya cuma ingin membagi yg pernah saya dapat di sekolah dulu. Kristen Mormon itu mrk sempalan aliran yg datang belakangan. sama seperti kristen Anglikan, kristen protestan, baptis, dll.

Di antara sempalan-sempalan aliran kristen tsb, masih ada yg jauh lebih tua. yaitu Ortodoks di Timur dan Khatolik Roma di Barat - yg terpecah dua karena faktor jarak. Sebelum terpecah dua, mereka satu di bawah Santo Petrus, di Timur tengah.

Perlu di ketahui, Kristen Ortodoks di Timur cenderung tetap solid sampai sekarang. Sementara Katholik Roma di Barat malah yg banyak friksi, yg akhirnya memunculkan banyak aliran baru, seperti Anglikan -muncul akibat raja inggris yg ingin kawin lagi-, kristen Mormone, Protestan, Baptis , dll.

Jadi jelas terlihat, anti poligami di Kristen bukan mutlak berdasar tempat (Barat atau TImur), atau pun waktu (dulu atau modern). Tapi memang sejak dari "sana" nya Kristen itu anti poligami.
Terbukti, dua sempalan aliran baru dari katholik Roma (yg jelas2 ada di Barat) -yaitu anglikan dan Mormon, memisahkan diri akibat urusan poligami.

Demikian sekadar berbagi.
Matur tengkyu
~ m


Begitu isi balasan email saya. 
Saya tidak ingin para pro poligami menggeneralisir bahwa 
mereka yg tidak sependapat dng poligami adalah antek modern barat.  





Tidak ada komentar: